Crop Circle Terbaru Di Bantul Sleman Jogja Indonesia 2011

Tapak melingkar (crop circle) di dusun Wanujoyo, Piyungan, Bantul juga buatan manusia. "Jejak UFO" Bantul itu juga sama dengan yang ada di Jogotirto, Berbah, Sleman. Lingkaran crop circle yang ada di Piyungan, Bantul sama dengan yang di Sleman Jogja.
foto crop circle, foto crop cirlce sleman, gambar crop circle sleman, crop circle jogja
Pola crop circle yang ada di persawahan Wanujoyo, Piyungan Bantul lebih sederhana dan tidak serapi dengan crop circle yang ada di Berbah, Sleman Jogja. Berdasarkan penilitian tim LAPAN ditemukan banyak bekas kaki yang menuju ke pusat lingkaran. Setiap pola ada jejak menuju kesana ke tempat itu. Yang lebih memastikan lagi, di tengah pola ada padi yang diikat. Jadi, jelas ini dilakukan oleh manusia.

crop circle bantul, foto crop circle bantul, gambar crop circle di bantul, crop circle jogja
Selain lebih kecil, crop circle di Piyungan Bantul ini juga kurang sempurna. Jari-jari pola tidak rata, yaitu ada yang 2,1 meter hingga 2,5 meter. "Crop circle yang di Sleman jauh lebih sempurna. Namun, sama-sama dibuat oleh manusia.

Alat yang digunakan untuk membuat pola crop cirlce di Bantul diduga juga sama dengan yang digunakan di Berbah. Yaitu dengan menggunakan jangkar. Tetapi, ia tidak bisa memastikan apakah orang yang membuat crop circle di Sleman dan Bantul itu sama atau berbeda. Kalau tentang UFO, hingga saat ini belum ada penjelasan secara ilmiah, semua berdasarkan temuan yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.

Dari cara membuat da sejumlah ciri jejak crop circle di Bantul dan Sleman itu buatan manusia. Ciri itu adalah:

1. Rebahan batang padi karena akibat ditekan hingga tercabut sampai ke akar-akarnya
2. Pola rebahan banyak yang tidak simetris antara satu dengan lainnya
3. Ditemukan lobang bekas ditancapkannya tongkat atau pipa di tengah lingkaran dan di sisi-sisi lainnya
4. Di bagian tengah juga ditemukan ada jalan dan jejak manusia
5. Di sekitar pola lingkaran dan pola tengah ditemukan beberapa batang padi yang tidak tertekan sampai roboh
6. Tidak ditemukan adanya bekas-bekas kebakaran di sekitar lingkaran termasuk sisa pembakaran mesin


Fenomena Crop Circle di Indonesia muncul di persawahan di dusun Krasakan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Jogja. Menurut komunitas penggiat UFO UFONESIA, Crop Circle adalah sebuah pola geometris yang dibentuk oleh pesawat luar angkasa dan dilakukan tanpa mendaratkannya. Apakah anda percaya ini karena UFO atau buatan manusia ?

Untuk memastikan apakah crop circle ini hoax ada bisa melihatnya di video youtube tentang cara membuat crop circle di bawah ini.